Tingkatkan Keahlian, SKB Ungaran Gelar Pelatihan Pijat (Massage) dan Refleksi

Tingkatkan Keahlian, SKB Ungaran Gelar Pelatihan Pijat (Massage) dan Refleksi

Ungaran – Aktivitas pekerjaan sehari-hari dapat menyebabkan kepenatan fisik dan pikiran, sehingga banyak orang yang memilih untuk melakukan pijat dan refleksi di salon atau spa. Sayangnya Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) yang diterapkan di Jawa Tengah menganjurkan masyarakat untuk mengurangi kegiatan di luar rumah. Padahal, bagi sebagian orang mengunjungi salon atau wellness centre untuk melakukan pijat dan refleksi adalah kebutuhan untuk mengurangi tingkat stress akibat pandemic dan juga pekerjaan.

Melihat kondisi tersebut, SKB Ungaran mengadakan kursus pelatihan kecakapan hidup untuk meningkatkan keterampilan pijat (massage) dan refleksi masyarakat sekitar Ungaran. Pelatihan ini juga bertujuan untuk meningkatkan taraf hidup peserta dalam menghadapi krisis akibat pandemi dengan membuka usaha mandiri.

Pelatihan ini diselenggarakan selama 4 hari, tanggal 14-17 September 2021 dan bekerjasama dengan Akademi Kesejahteraan Sosial (AKS) Ibu Kartini. Selain bekerjasama dengan AKS Ibu Kartini, pelatihan ini juga diisi oleh narasumber professional Ibu ,Retno Pudjiati, Dipl., Cibtac.

Pelatihan pijat (massage) dan refleksi ini diikuti oleh 15 peserta yang berasal dari berbagai daerah di sekitar Ungaran. Melalui pelatihan pijat dan refleksi, peserta diajarkan tata krama dalam melakukan pijat dan refleksi kepada pelanggan agar pelanggan merasa nyaman. Ibu Putri dari AKS Ibu Kartini juga memberikan motivasi kepada peserta bahwa “Menjadi terapis bukan pekerjaan yang murahan dan negative. Jika kita menjaga tata krama kepada pelanggan, maka orang juga akan segan dan tidak lagi memandang sebelah mata pekerjaan terapis”.

Selama pelatihan peserta diberikan fasilitas berupa matras pijat, modul pijat (massage) dan refleksi, serta bahan dan perlengkapan praktik. Peserta diajarkan cara memijat, titik refleksi pada tubuh, cara membangun hubungan yang baik dengan pelanggan agar pelanggan merasa nyaman, serta cara agar terapis tidak mudah lelah saat melakukan pijat dan refleksi. (KRS)

Leave a Reply