Gernas Baku & Parenting PAUD Junior

Gernas Baku & Parenting PAUD Junior

edit-min 1

Ungaran – PAUD JUNIOR, UPTD SPNF SKB Ungaran Kabupaten Semarang telah menggelar Kegiatan Gernas Baku dan Parenting pada tanggal 12 Mei 2022.

Penyelenggara PAUD JUNIOR mengajak seluruh orang tua untuk menanamkan kebiasaan anak sejak dini untuk gemar membaca dan cinta buku. Ajakan ini dikemas dengan kegiatan Gernas Baku (Gerakan nasional orang tua membacakan buku).  Secara serentak, orang tua membacakan cerita untuk masing-masing anaknya yang bertempat di Aula UPTD SPNF SKB Ungaran. Buku-buku cerita yang digunakan, disediakan oleh panitia, namun tidak membatasi jika orang tua memilih membawa buku milik sendiri. Suasana kegiatan Gernas Baku terlihat hangat.

Setelah selesai dengan kegiatan Gernas Baku, orang tua/ wali murid PAUD JUNIOR mendapatkan materi parenting dari Narasumber yaitu Sofia Mariana, S.S., S.Pd. Materi yang dipaparkan terkait dengan upaya pencegahan hepatitis akut pada anak usia dini. Hepatitis sendiri merupakan peradangan hati yang disebabkan oleh infeksi, gangguan autoimun, bahan kimia, obat-obatan, alkohol, hingga kelainan genetik tertentu. Pada kasus yang tengah hangat akhir-akhir ini, hepatitis dikatakan kondisi akut karena menyerang pada kalangan usia anak-anak secara tiba-tiba lalu hilang secara tiba-tiba pula.

Adapun gejala hepatitis akut diantaranya adalah sindrom jaundice, gejala gastrointestinal, perubahan warna kulit, feses berwarna pucat, nyeri sendi, kelelahan, demam, hasil cek lab, SGOT/SGPT >500 U/L. Sedangkan tindakan pencegahan yang dapat dilakukan meliputi: mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir; memastikan makanan dalam keadaan matang dan bersih; minum air bersih yang matang; tidak bergantian alat makan; mencuci alat makan dengan sabun dan air mengalir; membuang tinja dan atau popok sekali pakai pada tempatnya; menghindari kontak dengan orang sakit dan mematuhi protokol kesehatan, termasuk memakai masker dan menjaga jarak. Terakhir, bunda Sofia berpesan  para wali murid dihimbau untuk tetap tenang dan dapat mengelola kepanikan.

-PAUD-

Leave a Reply