Pelaksanaan Kursus Facial dan Makeup

Pelaksanaan Kursus Facial dan Makeup

IMG_20220517_090228

Ungaran – Program Kursus UPTD SPNF SKB Ungaran Kabupaten Semarang telah menggelar Pelatihan Facial dan Make up Geriatri pada 17-20 Mei 2022 di Aula UPTD SPNF SKB Ungaran.

Peserta pelatihan terdiri dari 20 orang yang berasal dari berbagai kecamatan di Kabupaten Semarang. Peserta dibimbing oleh narasumber profesional yang memiliki sertifikat standar internasional, Retno Pudjiati, Dipl., Cibtac. Selain itu, beliau juga merupakan instruktur, penguji, dan juga asesor di bidang tata kecantikan kulit dan rambut.

Facial dan make up merupakan dua hal yang tidak dapat terpisahkan. Untuk mendapatkan hasil make up yang baik, perlu kondisi kulit yang sehat dan terawat. Melalui facial, kulit akan senantiasa sehat dan terawat. Berdasarkan alasan tersebut, pelatihan facial dan make up ini dijadikan satu kesatuan.

Make up yang diangkat pada pelatihan ini pun tidak biasa. Panitia mengambil tema make up geriatri, yaitu make up yang dikhususkan untuk lanjut usia (40 tahun ke atas). Tentu banyak tantangan pula dalam pengaplikasiannya, terutama kondisi kulit wajah yang sudah tidak sekenyal saat usia muda, sudah terdapat kerutan, kulit kering dan lain sebagainya. Melalui make up geriatri ini, peserta dilatih untuk menyulap orang lanjut usia untuk bisa tetap tampil cantik dengan make up natural.

Pelatihan selama 4 hari ini dibuka oleh kepala SPNF SKB Ungaran, Bapak Imam Roos Wahyudi, S.Pd., kemudian dilanjutkan pemberian teori dan demo dari narasumber. Pada hari kedua peserta dilatih untuk praktik make up sehari-hari oleh brand Inez. Hari selanjutnya peserta praktik facial. Selanjutnya pada hari terakhir, peserta praktik make up geriatri dengan membawa model sendiri (40 tahun ke atas) dilanjutkan penutupan oleh Kepala Disdikbudpora Kabupaten Semarang, Bapak Sukaton Purtomo Priyatmo, S.H MM.

Ketua Program Kursus dan Pelatihan UPTD SPNF SKB Ungaran, Ibu Dra. Eny Susilowati, menuturkan bahwa para peserta terlihat sangat antusias dengan pelatihan ini karena tema geriatri ini masih jarang diangkat. Bisa dikatakan bahwa pelatihan facial dan make up geriatri ini adalah yang pertama diselenggarakan di Kabupaten Semarang.

“Mereka sangat semangat karena mendapat ilmu baru, bahkan banyak yang ingin durasi waktu pelatihan ditambah lebih lama lagi agar ilmu yang didapatkan semakin banyak pula.” Tambah Ibu Dra. Eny Susilowati.

-krs-

Leave a Reply