Pendidikan Keterampilan di Kelompok Belajar Kesetaraan

Pendidikan Keterampilan di Kelompok Belajar Kesetaraan

  • Post author:
  • Post category:Berita

Ungaran – Enam kelompok belajar Pendidikan Kesetaraan SKB Ungaran telah melaksanakan beberapa keterampilan secara serentak di Bulan September. Kelompok tersebut antara lain Kelompok Belajar Wijaya Kusuma, Taman Siswa Setara, Lemah Ireng, Cahaya Desa, Gemar Ilmu dan Kampus SKB.

Mata Pelajaran keterampilan merupakan salah satu ciri khas Pendidikan Kesetaraan yang menjadikan pembeda dengan Pendidikan Formal. Mata pelajaran keterampilan diharapkan mampu memberikan bekal keterampilan agar peserta didik dapat masuk dalam dunia kerja atau bekerja mandiri. Diharapkan dengan adanya pendidikan bermuatan keterampilan ini lulusan pendidikan kesetaraan mampu mandiri, menciptakan lapangan usaha bagi diri mereka sendiri atau bekerja pada institusi industri.

Adapun pendidikan muatan keterampilan yang telah dilaksanakan antara lain batik ecoprint di Kelompok Belajar Cahaya Desa, batik tulis di Kelompok Belajar Taman Siswa Setara, bucket dan hantaran di Kelompok Belajar Wijaya Kusuma, budidaya dan olahan jamur tiram di kelompok belajar lemah ireng, menjahit di kelompok belajar kampus SKB dan terakhir keterampilan boga singkong keju pada Kelompok Belajar Gemar Ilmu.

Tempat pelaksanaan keterampilan di daerah masing-masing kelompok belajar dengan narasumber merupakan tutor atau pengajar luar yang sudah ahli di bidangnya. Dalam pelaksanaanya, peserta didik cukup antusias mendapatkan pengalaman baru yang belum pernah didapatkan sebelumnya. Kendala yang dihadapi adalah durasi waktu yang kurang lama karena keterbatasan waktu peserta didik yang sebagian besar adalah pekerja. Untuk pendanaan bahan keterampilan dibebankan pada anggaran BOP (Bantuan Operasioanal Pendidikan). Jadi, pendidikan keterampilan ini bersifat gratis untuk peserta didik.