Pendidikan kesetaraan adalah pendidikan non formal yang ditujukan kepada warga negara yang tidak berkesempatan mengikuti pendidikan formal di sekolah. Sifatnya adalah pelengkap dan pengganti pendidikan formal. Pendidikan kesetaraan biasa dikenal dengan nama Kejar (Kelompok Belajar) Paket A untuk setara SD, Paket B untuk setara SMP, dan Paket C untuk setara SMA. Ijasah dari pendidikan kesetaraan dapat digunakan selayaknya pendidikan formal.

kegiatan kesetaraan

Kurikulum pendidikan kesetaraan disesuaikan dengan kemampuan warga belajar dan tidak sepadat seperti pendidikan formal. Waktu pembelajaran juga disesuaikan dengan kondisi warga belajar sehingga warga belajar lebih mudah mengikuti proses pembelajaran. Pembelajarannya menggunakan buku dan handout seperti di pendidikan formal. Bedanya, di pendidikan kesetaraan ada modul mandiri yaitu pembelajaran jarak jauh dengan tugas terstruktur dan dibimbing secara online dalam menyelesaiakan tugas tersebut.

Dalam pendidikan kesetaraan selain diberikan materi ilmu pengetahuan juga diberikan materi kecakapan hidup (life skill). Diharapkan dengan adanya kecakapan hidup ini warga belajar akan mampu mandiri dan mampu menciptakan lapangan usaha bagi diri mereka sendiri. Adapun kecakapan hidup yang diberikan tergantung pada karakteristik tempat kegiatan pembelajaran berlangsung.

Adapun Visi dan Misi Program Pendidikan Kesetaraan adalah sebagai berikut:

Visi

Terwujudnya layanan pendidikan kesetaraan yang berkualitas, unggul dan humanis menuju masyarakat pembelajar yang berkarakter, terampil, dan kompetitif.

Misi

  1. Mengupayakan program percontohan pembelajaran pendidikan kesetaraan yang bermutu dan berbasis pada kebutuhan masyarakat
  2. Melaksanakan layanan pembelajaran akademik dan keterampilan guna terwujudnya masyarakat yang berkarakter, taqwa, cerdas, terampil, dan berdaya saing
  3. Mengembangkan kompetensi dan kualitas tenaga pendidik dan tenaga kependidikan program pendidikan kesetaraan.
  4. Menyelenggarakan sistem tata kelola program kesetaraan yang unggul dan sesuai standar nasional pendidikan menuju lembaga yang sehat, efektif, dinamis dan terukur
  5. Meningkatkan Sarana dan Prasarana Program Pendidikan Kesetaraan SKB Ungaran untuk mencapai standar minimal pendidikan.
  6. Meningkatkan komunikasi, koordinasi dan kerjasama dengan pemerintah maupun swasta guna memperoleh dukungan moril dan materiil yang memadai

SKB Ungaran memiliki 24 rombel (rombongan belajar) kejar paket ABC yang tersebar di lima kecamatan seperti table di bawah ini :

NoKecamatanJenis Kesetaraan
1Ungaran BaratA, B & C
2Ungaran TimurB
3BergasA, B & C
4BandunganC
5BawenB & C

Waktu kegiatan pembelajarannya ada reguler dan non reguler. Reguler artinya waktu pembelajarannya seperti pendidikan formal yaitu pagi hari sedangkan non reguler artinya di luar waktu reguler, biasanya sore atau malam hari. Saat ini SKB Ungaran memiliki 65 tutor yang mengampu di 24 rombel tersebut.

Alamat: Gedung SKB Ungaran, Jl. Rindang Asih No. 32A Kec. Ungaran Barat, Kab. Semarang