Pelatihan Kecakapan Hidup “Hantaran” UPTD SPNF SKB Ungaran

Pelatihan Kecakapan Hidup “Hantaran” UPTD SPNF SKB Ungaran

20220923_101101

Ungaran – Program Kursus UPTD SPNF SKB Ungaran Kabupaten Semarang telah menggelar Pelatihan Hantaran pada 20-23 September 2022 di Aula UPTD SPNF SKB Ungaran.

Peserta pelatihan terdiri dari 15 orang dengan berbagai latar belakang. Mulai dari yang sudah mahir secara teknis namun belum mahir dari segi teori ataupun sebaliknya. Selain itu peserta juga terdiri dari beragam usia.

Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan keterampilan kepada peserta agar bisa membuat hantaran untuk kegiatan seserahan dan sebagainya. Besar harapan peserta yang telah mahir membuat hantaran, nantinya bisa membuka wirausaha sehingga menambah ketahanan ekonomi keluarga.

Narasumber teknis dari pelatihan merupakan orang-orang yang sudah tersertifikasi dan kompeten di bidang hantaran, diantaranya yaitu, Erna Endah Pratiwi, Nur Layla Kurniawati, S.P., Sofia Mariana, S.S., S.Pd., dan perwakilan dari IPHI, Sri Pujiastuti.

Pelatihan hantaran kali ini mengusung tema besar yaitu Hantaran Jenjang 2. Adapun rangkaian acara dimulai dengan pembukaan pada hari pertama, dilanjutkan dengan materi dan praktik tentang seni lipat tekstil tanpa potong. Hari kedua, narasumber menyampaikan tiga materi yaitu, aksesoris hantaran, souvenir dan mahar dari uang kertas. Pada keesokan harinya, peserta diberikan materi tentang menata dan mengemas hantaran. Dari ketiga hari tersebut, hasil karya para peserta dievaluasi bersama-sama pada hari keempat.

“Peserta pelatihan sangat antusias mengikuti rangkaian acara ini. Kami mendapatkan respon positif. Selain itu mereka tidak malu untuk bertanya dan menggali ilmu semaksimalnya dari materi yang diberikan. Menurut saya, hasil karya merekapun sudah layak untuk dipasarkan.” Tutur  salah satu narasumber, Nur Layla Kurniawati, S.P.

 

 

Leave a Reply